Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI MEDIA BUKU ABJAD ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA SYAMTALIRA BAYU ACEH UTARA
XMLAsriani 2017, Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui
Media Buku Abjad Anak Kelompok BDi TK Negeri Pembina
Syamtalira Bayu. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe. Pembimbing (1) Novi
Diana, M.Pd, (2) Mutia Sari, M.Pd.
Kemampuan dalam mengenal huruf abjad anak belum berkembang secara
optimal, hal ini di sebabkan oleh kurangnya variasi guru dalam memperkenalkan
huruf abjad untuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
mengenal huruf abjad dengan menggunakan media buku abjad pada anak
kelompok B di TK Negeri Pembina Syamtalira Bayu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara
kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peningkatan
kemampuan mengenal huruf abjad anak dikatakan berhasil 75-80% dengan
kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian kemampuan mengenal
huruf abjad Pratindakan dengan nilai rata-rata persentase sebesar 0% Berkembang
Sangat Baik (BSB), 3 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) atau 12%, 10
anakatau 40% yang Mulai Berkembang (MB), 12 anak atau 48% Belum
Berkembang (BB). Hasil penelitian kemampuan mengenal huruf abjad dengan
menggunakan media buku abjad pada siklus I dengan nilai rata-rata 12% dengan
jumlah 3 anak Berkembang SangatBaik (BSB), Berkembang Sesuai Harapan
(BSH) ada 8 anak atau 32%, 14 atau 56% yang Mulai Berkembang (MB),
sedangkan yang Belum Berkembang (BB) menurun menjadi 0%. Setelah
dilakukan tindakan pada siklus I telah berhasil meningkat kemampuan mengenal
huruf abjad anak tetapi belum mencapai indikator keberhasilan sehingga di
perlukan siklus selanjutnya. Hasil siklus II pencapaian kriteria Berkembang
Sangat Baik (BSB) dengan nilai rata-rata sebesar 80% dengan jumlah 20 anak, 5
atau 20% yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH), anak yang Mulai
Berkembang (MB) dan Belum Berkembang (BB) menurun menjadi 0%.
Berdasarkan hasil peningkatan ini diperoleh dari upaya peningkatan kemampuan
mengenal huruf abjad anak melalui media buku abjad dapat dikatakan berhasil.
Detail Information
Penulis |
ASRIANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132507842 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|