Skripsi
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA SYAMTALIRA BAYU MELALUI KEGIATAN KOLASE
XMLABSTRAK
Nur Ismuniarti. 2018. Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK
Negeri Pembina Syamtalira Bayu Melalui Kegiatan Kolase. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe. Pembimbing: (1) Elfiadi, M.Pd, Pembimbing (2) Anisaturrahmi, M.A.
Secara umum perkembangan kreativitas anak di TK Negeri Pembina Syamtalira
Bayu belum berkembang secara optimal, dikarenakan kurangnya perkembangan
kreativitas anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan kreativitas anak umur 5-6 tahun melalui kegiatan kolase di TK
Negeri Pembina Syamtalira Bayu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (PTK) kolaboratif dengan guru yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak
kelas B3 TK Negeri Pembina Syamtalira Bayu yang berjumlah 25 anak. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan
secara deskriptif. Hasil penelitian perkembangan kreativitas dalam kegiatan kolase
pada tahap pra penelitian masih sangat rendah, yaitu anak memiliki kemampuan
belum berkembang (BB) berjumlah 15 anak dari 25 anak atau mencapai
persentase 60%. Anak yang memiliki kemampuan mulai berkembang (MB)
berjumlah 10 anak dari 25 anak ayau mencapai persentase 40%. Anak yang
memiliki kemampuan berkembang sesuai harapan (BSH) dan anak yang memiliki
kemampuan berkembang sangat baik (BSB) belum ada. Adapun hasil pencapaian
tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar
yang diperoleh oleh anak. Adapun kemampuan dalam perkembangan kreativitas
pada siklus I adalah sebanyak 9 anak belum berkembang (BB) atau dengan
persentase 36%, 16 anak mulai berkembang (MB) atau dengan persentase 64%,
sedangkan kemampuan berkembang sesuai harapan (BSH) dan kemampuan
berkembang sangat baik (BSB) belum ada. Kemudian kemampuan dalam
perkembangan kreativitas pada siklus II adalah tidak ada anak yang belum
berkembang (BB), 5 anak mulai berkembang (MB) atau dengan persentase 20%,
14 anak berkembang sesuai harapan (BSH) atau dengan persentase 56%, dan 6
anak berkembang sangat baik (BSB) atau dengan persentase 24%. Berdasarkan
hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa kegiatan kolase dapat mengembangkan
kreativitas anak.
Kata kunci: Kreativitas, Kolase
Detail Information
Penulis |
NUR ISMUNIARTI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142508434 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|