UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING DI TK KARTIKA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING DI TK KARTIKA LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Irda Aulia. 2019. Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun
Melalui Penerapan Teknik Scaffolding Di TK Kartika Lhokseumawe.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe. Pembimbing:
(1) Novi Diana,M.Pd, Pembimbing (2) Elfiadi, M.Pd.
Kemandirian anak belum berkembang secara optimal, anak sering meminta
bantuan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemandirian
Anak Usia Dini Melalui Penerapan Teknik Scaffolding Di Kelas A TK Kartika
Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti
ingin memperoleh data yang mendalam secara alami tentang penerapan model
pembelajaran berbasis masalah dalam upaya meningkatkan kemampuan anak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek penelitian ini adalah anak-anak Kelas A TK Kartika Lhokseumawe
yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen
pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisisi data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dalam upaya
meningkatkan kemandirian anak usia 4-5 Tahun melalui penerapan teknik
Scaffolding di Kelas A TK Kartika Lhokseumawe diperoleh bahwa Meningkatkan
Kemandirian Anak Usia Dini dikatakan berhasil apabila persentase Kemandirian
Anak mencapai 76-100% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil
penelitian kemandirian Pra Tindakan dengan nilai rata-rata persentase sebesar 0
%. pada siklus I terdapat 6 anak yang kemandiriannya berkembang sesuai harapan
dengan presentasi 30% dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu terdapat 17
anak yang berkembang sangat baik dengan presentase 85%. Dengan demikian
dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan teknik scaffolding dapat
meningkatkan kemandirian anak.
Kata kunci : Kemandirian, Teknik scaffolding


Detail Information

Penulis
IRDA AULIA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132507849
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail