Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-MUSLEM ACEH UTARA
XMLABSTRAK
Irma Damayanti. 2018.Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui
Metode Bercakap-cakap Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al-Muslem Aceh
Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe.
Pembimbing: (1) Elfiadi, M.Pd, Pembimbing (2) Mutia Sari, M. Pd. Kemampuan berbicara anak belum berkembang secara optimal, karena kurangnya
menggunakan percakapan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, kurangnya
kemampuan berbicara anak dalam menyampaikan, serta anak belum mampu
menggungkapkan keinginan bicara dalam proses kemampuan berbicara. Maka
dengan demikian, berbicara sangat penting bagi anak usia dini karena dengan
bercakap-cakap anak mudah dalam berinteraksi dengan guru atau kawan sebaya
dan orangtua anak dalam proses kemampuan berbicara supaya lebih optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui
metode bercakap-cakap pada kelas A TK Al-Muslem Aceh Utara. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan guru yang dilaksanakan
dalam II siklus, subjek penelitian ini adalah anak-anak kelas A TK Al-Muslem
Aceh Utara yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen
pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisisi data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan berbicara
dikatakan berhasil apabila persentase kemampuan berbicara anak mencapai 75- 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian
kemampuan berbicara pratindakan dengan nilai rata-rata persentase sebesar 0%.
Hasil penelitian kemampuan berbicara melalui metode bercakap-cakap pada
siklus I dengan nilai rata-rata persentase sebesar 76,62%. Setelah dilakukan
tindakan pada siklus I telah berhasil meningkatkan kemampuan berbicara anak
tetapi belum mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus
selanjutnya. Hasil siklus II pencapaian kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB)
dengan nilai rata-rata sebesar 80%. Berdasarkan hasil peningkatan ini diperoleh
dari peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap
dalam kegiatan berbicara bebas.
Kata kunci: Berbicara, Metode Bercakap-cakap
Detail Information
Penulis |
Irma Damayanti - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132507862 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|