PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD YANG TERINTEGRASI DENGAN KARAKTER POSITIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 1 SYAMTALIRA BAYU

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD YANG TERINTEGRASI DENGAN KARAKTER POSITIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 1 SYAMTALIRA BAYU

XML

ABSTRAK
Pembelajaran matematika disekolah merupakan hal yang sangat penting untuk
meningkatkan kecerdasan siswa, dan keberhasilan siswa. Akan tetapi pada
kenyataannya yang menjadi tolak ukur keberhasilan siswa selama ini adalah nilai
akhir yang diperoleh siswa yang masih rendah. Hal ini disebabkan guru masih
mendominasi segala kegiatan dikelas dan faktor dari siswa sendiri yang sekarang
banyak terjadi yaitu perilaku yang memprihatinkan, bahwa masih sering terjadi
kekerasan di kalangan remaja, penggunaan bahasa dan kata-kata yang kurang
baik, pengaruh peer-group yang kuat dalam tindak kekerasan, semakin rendahnya
rasa hormat kepada orang tua dan guru, rendahnya rasa tanggung jawab individu,
membudayanya ketidak jujuran, dan menyontek dalam ujian dianggap wajar dan
bahkan perlu dilakukan. Dengan demikian, maka perilaku berkarakter agaknya
tidak cukup diwakili dengan istilah pintar, sopan atau bermoral saja. Penelitian ini
dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
SMAN 1 Syamtalira Bayu dengan penerapan model Kooperatif Tipe STAD yang
Terintegrasi dengan Karakter Positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 1
Syamtalira Bayu. Sementara sampelnya terpilih 2 kelas yaitu kelas kontrol dan
eksperimen, pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random
sampling yang terpilih menjadi sampelnya kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol
dan kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini adalah Tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian (1) Uji
kemampuan awal diperoleh thitung = 0,52 dan ttabel = 2,0168. Setelah pengujian
hipotesis pada taraf signifikan  = 0,05 dan (dk) = 44 berdasarkan kriteria
pengujian hipotesis maka terima H0 karena thitung < ttabel yaitu 0,52 < 2,0168 yang
berarti “Tidak ada perbedaan kemampuan kelas eksperimen dan kontrol”.
Sedangkan (2) Uji gain diperoleh thitung = 4,42 dan ttabel = 1,6801. Setelah
pengujian hipotesis pada taraf signifikan  = 0,05 dan (dk) = 44 berdasarkan
kriteria pengujian hipotesis maka tolak H0, karena thitung > ttabel yaitu 4,42 > 1,6801.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada peningkatan hasil belajar
matematika siswa SMAN 1 Syamtalira Bayu dengan penerapan model kooperatif
tipe STAD yang terintegrasi dengan karakter positif”.


Detail Information

Penulis
MUSLIMAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208239
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail