PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL JIGSAW TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SISWA MIN 1 SIMPANG TIGA KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH

Record Detail

PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL JIGSAW TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SISWA MIN 1 SIMPANG TIGA KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH

XML

Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimanakah
pengaruh perencanaan pembelajaran tipe Jigsaw terhadap proses pembelajaran
siswa di MIN I Simpang Tiga (2) bagaimanakah pengaruh pengawasan
pembelajaran tipe Jigsaw terhadap proses pembelajaran siswa di MIN I Simpang
Tiga. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui, mengidentifikasi, dan
menganalisis pengaruh perencanaan pembelajaran tipe Jigsaw terhadap proses
pembelajaran siswa di MIN I Simpang Tiga. (2) Untuk mengetahui,
mengidentifikasi, dan menganalisis pengaruh pengawasan pengelolaan
pembelajaran tipe Jigsaw terhadap proses pembelajaran siswa di MIN I Simpang
Tiga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan
teknik pengumpulan data sebagai berikut : (1) wawancara (2) dokumentasi (3)
observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1)
Reduksi data (2) kategorisasi (3) sintesisasi (4) penyusunan hipotesis (5)
triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh
Perencanaan Pembelajaran Tematik Model Jigsaw Terhadap Proses Pembelajaran
Siswa MIN I Simpang Tiga secara keseluruhan, dapat diketahui bahwa dalam
Pengarahan memilih materi pembelajaran dalam proses pembelajaran di MIN I
Simpang tiga termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar (18,36%).
konsep perencanaan pembelajaran tematik model jigsaw di MIN I Simpang Tiga
merupakan suatu proses penentu rencana program kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan secara terpadu dan sistematis. (2) Pengaruh Pengawasan
Pembelajaran Tematik Model Jigsaw Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Di
MIN I Simpang Tiga kategori baik hal ini dilihat dari hasil pengawasan kepala
sekolah saat guru melakukan pembelajaran tematik model jigsaw di kelas dengan
analisis skor secara keseluruhan diketahui bahwa kepala sekolah dalam
melakukan pengawasan terhadap guru yang melaksanakan metode pembelajaran
tipe jigsaw dalam kategori baik. Dari 12 indikator, ada 8 indikator yang termasuk
dalam kategori baik dan 4 indikator lainnya yang termasuk dalam kategori cukup.
Pembelajaran dengan skor tertinggi adalah pemberian contoh dalam membuka
pembelajaran dan bantuan dalam memotivasi siswa (9,54%). Kegiatan
pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran Tematik dengan menggunakan
pendekatan model Jigsaw difokuskan pada tahapan-tahapan pembelajaran
pendekatan yang meliputi 5 tahapan yaitu mengamati, menanya, menalar,
mengumpulkan informasi/ eksperimen, dan mengkomunikasikan. Saran dan
Rekomendasi dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) guru terus
melakukan revisi atau perbaikan dalam pembuatan (a) rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) (b) Silabus (c) program tahunan (PROTA) dan program
semester (PROSEM). (2) Hendaknya kepala sekolah dapat membantu guru dalam
meningkatkan kemampuan penggunaan model koperatif tipe jigsaw dengan
langkah pembinaan yang terstruktur terhadap guru, seperti workshop dan lainnya


Detail Information

Penulis
Lisa Mala Hekmah - Personal Name
.164300299 - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164300299
Edition
Language
English
Publisher FTIK-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
MPI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail