PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV MIN 4 KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV MIN 4 KOTA LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang membutuhkan sesuatu yang
konkret yang tidak hanya berpedoman pada materi saja. Siswa beranggapan
pelajaran IPA sangat membosankan dikarenakan hanya mencatat dan
mengerjakan soal saja. Rendahnya hasil belajar IPA dikarenakan guru masih
menggunakan metode konvensional. Salah satu model pembelajaran yang dapat
digunakan sebagai pendukung terhadap hasil belajar IPA adalah model problem
solving. Penelitian ini merumuskan beberapa permasalahan yaitu adakah pengaruh
pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar IPA di kelas IV MIN 4 Kota
Lhokseumawe dan adakah kelebihan dan kekurangan model pembelajaran
problem solving terhadap hasil belajar IPA di kelas IV MIN 4 Kota
Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Model
Pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar IPA di Kelas IV MIN 4 Kota
Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, yaitu data yang
terkumpul dalam bentuk angka-angka yang akan diuji dengan metode statistik.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas IV di MIN
4 Lhokseumawe, dengan menggunakan tekhnik sampel acak kelas, diperoleh dua
kelas sampel yaitu IV a sebagai kelas eksperimen dan IV b sebagai kelas kontrol.
Hasil pengujian homogenitas diperoleh F_hitung < F_tabel yaitu 1,14 < 2,01
maka dapat disimpulkan kedua data homogen, artinya tingkat kemampuan kedua
kelas tersebut sama. Hasil pengujian homogenitas diperoleh F_hitung <
F_tabelyaitu 1,121 < 2,01 maka dapat disimpulkan kedua data homogen, artinya
tingkat kemampuan kedua kelas tersebut sama. Pengujian normalitas dari table
lilliefors diperoleh data post-test kelas eksperimen pada taraf signifikan ∝ = 0,05
dan n = 30 diperoleh L_0 < L_tabel yaitu 0,1003 < 0,161 maka dapat
disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya pada pengujian
hipotesis taraf signifikan ∝ = 0,05 dengan dk = 58 diperoleh harga untuk t_hitung
= 4,02 dan t_tabel = 1,672. Maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis
sehingga tolak H_0, yaitu t hitung > t table dan diperoleh hasil 4,02 > 1,672
dengan demikian terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving
terhadap hasil belajar IPA di kelas IV MIN 4 kota Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
MUTIA ULFA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142608453
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail