PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) DI SMPN 3 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) DI SMPN 3 LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa melalui model pembelajaran search, solve, create, and share
(SSCS). Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan
oleh kesulitan siswa dalam memahami masalah, sehingga mengakibatkan siswa
tidak dapat merencanakan penyelesaian serta menyelesaikan masalah. Salah satu
usaha yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan model pembelajaran
search, solve, create, and share (SSCS). Penelitian ini dilakukan di SMPN 3
Lhokseumawe pada bulan oktober 2018 dengan materi sistem persamaan linear
dua variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dimana data yang telah
terkumpul dalam bentuk angka-angka yang akan diuji dalam bentuk statistik.
Pemilihan sampel dilakukan dengan tekhnik random sampling class. Adapun
untuk memperoleh data, peneliti melakukan tes berupa pre-tes dan post-tes. Berdasarkan hasil uji analisis homogenitas pada taraf signifikan = 0,05, sehingga diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu, 1,60 < 2,15 maka dapat disimpulkan
bahwa kedua data tersebut homogen dan untuk normalitas data hasil tes dari
kedua kelas tersebut diperoleh rata-rata gain, ̅ = 47,5 dan ̅ = 29,52, L0 < L,
yaitu, 0,1368 < 0,190 untuk kelas eksperimen dan 0,1768 < 0,190 untuk kelas
kontrol maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sehingga untuk
menguji hipotesis digunakan uji-t pada taraf signifikan 0,1368 < 0,190 dengan
derajat kebebasan (dk) =( n1 + n2-2) = 20+21-2 = 39 menunjukkan bahwa thitung >
ttabel, dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,065 dan ttabel = 1,648; maka tolak
H0 terima Ha sehingga hipotesis yang dirumuskan menyatakan ”ada peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMPN 3
Lhokseumawe melalui model pembelajaran Search, Solve, Create, And Share
(SSCS)”.


Detail Information

Penulis
ISMA NURYANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208238
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail