Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR AND SHARE) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 3 DI LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang atau sekelompok untuk
mengerti secara benar suatu ide atau gagasan tanpa mengubah pemahaman konsep
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair
and Share (TPS) berbasis kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa di kelas VII SMPN 3 Lhokseumawe pada materi Himpunan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian exsperimen dengan desain pre-test
dan desain post-test. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh
siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Lhokseumawe. Yang menjadi sampel adalah
kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol,
pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling class. Adapun untuk memperoleh data, peneliti melakukan tes. Berdasarkan teknik
analisis data uji t pihak kanan pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga diperoleh
dengan derajat kebebasan ( )= ( + − 2) = 32 + 36 – 2 = 66 menunjukkan
bahwa . > , dari hasil perhitungan diperoleh = 1,676 dan
=1,671, sehingga 1,676 > 1,671; maka tolak Ho dan terima Ha sehingga
hipotesis yang dirumuskan ini menyatakan “Ada pengaruh model pembelajaran
Think Pair and Share (TPS) berbasis Kontekstual terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMPN 3 Lhokseumawe pada
Himpunan”.
Detail Information
Penulis |
RAHMALIYA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208217 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|