PENGARUH INTENSITAS MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV DI MIN 4 KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH INTENSITAS MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV DI MIN 4 KOTA LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca
untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata- kata/bahasa tulis. Suatu proses yang menuntut agar kelompok kata yang merupakan
suatu kesatuan akan terlihat dalam suatu pandangan sekilas dan makna kata-kata
secara individual akan dapat diketahui. Namun yang terjadi pada MIN 4 Kota
Lhokseumawe ada beberapa siswa yang masih belum bisa membaca dari 65 siswa di
kelas IV. Upaya guru sekarang adalah meningkatkan kemampuan membaca siswa di
kelas IV MIN 4 Kota lhokseumawe supaya tidak ada siswa yang tidak bisa membaca
atau masih mengeja bacaan, masih banyak murid yang masih belum mampu
meluangkan atau memanfaatkan waktunya untuk membaca.Rumusan masalah
penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh intensitas terhadap kemampuan membaca
kelas IV MIN 4 kota lhokseumawe?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui
pengaruh intensitas terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV di MIN 4 kota
lhokseumawe. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 4 Kota
Lhokseumawe yang berjumlah 65 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kelas IV A dan kelas IV B. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah angket, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh dan
dianalisis serta dilakukan pengujian hipotesis, ternyata intesitas membaca siswa
sangat berperan penting dan sangat berpengaruh tehadap kemampuan membaca siswa
di MIN 4 Kota Lhokseumawe. Hal ini sesuai dengan hasil pengujian data yang
menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen dan untuk rata-rata kelas
kontrol . Dari kedua nilai rata-rata tersebut terlihat adanya perbedaan yang cukup
berarti dan untuk mengetahui bahwa kedua rata-rata tersebut terdapat perbedaan
secara signifikan atau tidak, maka dilakukan uji hipotesis. Pada pengujian hipotesis
diperoleh harga dan. Setelah pengujian hipotesis pada taraf signifikan dan (dk) = 63,
berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka tolak H0, karena thitung >t_tabel yaitu
6,41<2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa intesitas membaca
siswa/siswa giat dalam membaca lebih baik untuk meningkatkan memampuan /
keberhasilan membaca siswa.
Kata kunci : Intensitas Membaca Dan Kemampuan Membaca Siswa


Detail Information

Penulis
RANU YOGI FATA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142608454
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail