Skripsi
PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 10 LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model
pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 10 Lhokseumawe. Rendahnya
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan oleh beberapa
faktor yaitu siswa masih sulit memahami dan menganalisis soal-soal yang sifatnya
rutin maupun non rutin. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan
pemahaman konsep matematis yang dimiliki siswa.Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII Negeri
10 Lhokseumawe. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kedua kelas bersifat
homogen dan berdistribusi normal, uji homogenitas hasil belajar dilakukan
dengan uji F, dan diperoleh hasil bahwa kedua varian kelas homogen dengan
kriteria Fhitung < Ftabel , yaitu 1,35<2,19 uji normalitas kemampuan pemahaman
konsep menggunakan uji lilliefors pada taraf signifikan = 0,05 dan n = 20
dengan kriteria kelas eksperimen diperoleh L0
kriteria kelas kontrol pada taraf signifikan = 0,05 dan n = 18 diperoleh
L0 < Ltabel yaitu ,01299 < ,0 200 selanjutnya dianalisis menggunakan uji t pada
taraf signifikan = 0,05 dan (dk) (n1 + n2 - 2) = 36 diperoleh thitung = 2,30 dan ttabel
= 1,69. Dengan demikian thitung > ttabel 2,30 > 1,69. Maka berdasarkan kriteria
pengujian hipotesis tolak H0
, yaitu hitung tabel t > t dan diperoleh hasil 2,30 > 1,69.
Maka ada “pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 10
Lhokseumawe.
Detail Information
Penulis |
NURMALAHAYATI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208246 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|