PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI MENCANGKOK TANAMAN DI KELAS VI MIN 6 ACEH UTARA

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI MENCANGKOK TANAMAN DI KELAS VI MIN 6 ACEH UTARA

XML

Ilmu Pengetahuan Alam adalah mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh siswa dan
sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, namun siswa menganggap Ilmu
Pengetahuan Alam tidak menarik dan membosankan serta sulit, sehingga rendahnya
prestasi belajar dalam diri siswa. Salah satu hal yang menentukan kualitas
pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran yang tepat dengan materi
sesuai dengan yang diajarkan, sehingga akan berpengaruh baik terhadap prestasi
belajarnya. Salah satu alternatif pembelajaran yang ditawarkan oleh peneliti yaitu
perlu diterapkannya model pembelajaran project based learning. Adapun yang
menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah Pengaruh Model
Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPA dikelas VI
MIN 6 Aceh Utara. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh
model pembelajaran project based learning terhadap prestasi belajar IPA pada materi
mencangkok tanaman dikelas VI MIN 6 Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif, data yang dikumpulkan dalam bentuk angka yang akan diuji
dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VI, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling yang terdiri
dari dua kelas berjumlah 42 siswa yaitu kelas VI2 berjumlah 20 siswa dan kelas VI3
berjumlah 22 siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tes yaitu pretest dan post test pada kedua kelas dengan soal yang sama, yaitu berbentuk essay
yang berjumlah 10 soal. Berdasarkan pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf
signifikan = 0,05. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kelas eksperimen
dengan X1= 72 dan S1
2= 187,89 sedangkan kelas kontrol dengan X2 = 60,22dan S2
2=
165,42 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,96> 1,684, maka HO ditolak dan diterima Ha, Hal ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang di ajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran project based learning lebih tinggi dari pada
siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran project based
learning


Detail Information

Penulis
RINA SUKMAWATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142608228
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail