Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTs SWASTA MISBAHUL ULUM
XMLKemampuan pemahaman konsep matematis siswa umumnya disebabkan
karena siswa kurang termotivasi dalam menyelesaikan permasalahan yang
dihadapinya karena siswa tidak terbiasa menyelesaikan masalah. Strategi
pembelajaran yang diterapkan oleh guru tampaknya masih bersifat konvensional,
dimana siswa ditempatkan sebagai objek belajar yang berperan sebagai penerima
informasi secara pasif, sehingga siswa kesulitan belajar matematika dan merasa jenuh
dengan suasana belajar yang didominasi guru. Dalam K-13 disebutkan bahwa salah
satu kemampuan yang ingin dicapai pembelajaran matematika adalah kemampuan
pemecahan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang
model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
Untuk itu, dibutuhkan suatu metode yang dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa yaitu melalui model pembelajaran kooperatif
tipe Investigasi Kelompok. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif
dimana data yang peneliti peroleh diuji secara statistik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Misbahul Ulum, sedangkan yang menjadi
sampel adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen, kelas VII-4 sebagai kelas
kontrol. Berdasarkan hasil homogenitas nilai pre-test didapat
dan hasil uji homogenitas nilai post-test diperoleh
, maka dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan
post-test homogen. Kemudian dilakukan pengujian normalitas pengujian pada kelas
eksperimen dari tabel chi-kuadrat diperoleh
dan pada kelas kontrol
, maka dapat
disimpulkan bahwa nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi
normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Hasil
penelitian diperoleh sedangkan nilai dengan demikian
, yaitu dengan yang berarti tolak , sehingga
dapat disimpulkan bahwa “ Ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
MTsS Misbahul Ulum”.
Detail Information
Penulis |
NUR AFNI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208224 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|