Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 GEUREUDONG PASE
XMLABSTRAK
Hasil belajar matematika siswa selama ini masih rendah, hal ini dapat dilihat dari
siswa kurang termotifasi dalam belajar matematika untuk mengatasi permasalahan
tersebut peneliti melakukan sebuah penelitian dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam peroses pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa pada materi sistem
persamaan linier dua variabel (SPLDV) dikelas VII SMP Negeri 1 Geureudong
Pase dengan mengunakan model pembelajaran kooperaif tipe talking stick. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen, dimana data yang terkumpul dalam bentuk angka-angka yang akan
diuji dalam metode statistik. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri
1 Geureudong Pase. Sementara sampelnya terpilih 2 kelas yaitu kelas eksperimen
dan kelas control. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik
random sampling class terpilih kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas
VII-B sebagai kelas kontrol. Metode pingumpulan data pada penelitian ini adalah
Pre-test dan Post-test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk pre-test
diperoleh harga = 0,97 dan = 1,69. Setelah pengujian hipotesis pada
taraf signifikan α = 0,05 dan ( ) = 37, maka berdasarkan kriteria pengujian
hipotesis terima Ho karena < yaitu 0,97 < 1,69. Yang berarti tidak
ada perbedaan kemampuan awal kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan
berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk post-test diperoleh = 3,82
dan = 1,69. Setelah pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dan
( ) = 37, maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tolak Ho karena
> yaitu 3,82 > 1,69. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil
belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Geureudong Pase
Detail Information
Penulis |
Suluh Permana - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208280 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 20019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|