UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 (RINGAN SAMA DIJINJING BERAT SAMA DIPIKUL) POKOK BAHASAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MELALUI METODE MANIPULATIF BAGI SISWA/I KELAS III MIS KANDANG

Record Detail

Skripsi

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 (RINGAN SAMA DIJINJING BERAT SAMA DIPIKUL) POKOK BAHASAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MELALUI METODE MANIPULATIF BAGI SISWA/I KELAS III MIS KANDANG

XML

Dalam proses pembelajaran Metode merupakan bagian yang sangat penting dan
tidak terpisahkan dari semua komponen pendidikan lainnya, seperti tujuan, materi,
evaluasi, situasi dan lain-lain. Seyogyanya guru harus melengkapi diri dengan
berbagai kompetensi yang akan membantunya dalam menjalankan tugas dan
kewajiban salah satunya inovasi metode pembelajaran. Dengan adanya inovasi
tersebut seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Terutama dalam
menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan
siswa terutama dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini berdasarkan
permasalahan bagaimana upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam
pembelajaran tematik tema 4 (ringan sama dijinjing berat sama dipikul) pokok
bahasan mengerjakan soal cerita dengan menggunakan metode manipulatif pada
siswa kelas III MIS Kandang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran tematik tema 4
(ringan sama dijinjing berat sama dipikul) pokok bahasan mengerjakan soal cerita
dengan menggunakan metode manipulatif pada siswa kelas III MIS Kandang.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan dua siklus.
Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3)
Observasi, (4) refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III MIS Kandang
Tahun Pelajaran 20017/20018. Data yang diperoleh berupa hasil test siklus I dan
siklus II, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis
didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I
sampai silkus II yaitu, siklus I (23,53%), siklus II (88,24%). Kesimpulan dari
penelitian ini adalah metode manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar
kemampuan siswa dalam pembelajaran tematik tema 4 (ringan sama dijinjing
berat sama dipikul) pokok bahasan mengerjakan soal cerita dengan menggunakan
metode manipulatif pada siswa kelas III MIS Kandang.


Detail Information

Penulis
RIRIN NURJANNAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152609255
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail