Skripsi
STRATEGI PROBLEM SOLVING DAN PROSES PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI BENCANA ALAM DI KELAS IV MIN 1 KOTA LHOKSEUMAWE
XMLProblem solving atau pemecahan masalahmerupakan proses dari menerima
tantangan dan usaha-usaha untuk menyelesaikan suatu permasalahan seperti
mencari tau tentang masalah tersebut sampai memperoleh penyelesaiannya.
Fungsi pembelajaran IPS merupakan untuk menanamkan sikap ilmiah dan melatih
siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi, mengembangkan daya kreatif
dan inovatif siswa serta memberi bekala pengetahuan dasar untuk melanjutkan ke
jenjang pendidikan lebih tinggi. Dengan demikian, problem solving adalah salah
satu cara yang digunakan dalam mempelajari IPS dengan maksud mengubah
keadaan yang aktual menjadi keadaan seperti yang dikehendaki dengan
memperhatikan prosedur pemecahan yang sistemastis. Maka dari itu peneliti
menarik untuk meneliti strategi problem solving ini di MIN 1 Kota Lhokseumawe.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui startegi problem solving yang
digunakan dalam proses pembelajaran IPS pada materi bencana alam di kelas IV
MIN 1 Kota Lhokseumawe dan untuk mengetahui siswa dapat memahami materi
bencana alam dengan menggunakan strategi problem solving di kelas IV MIN 1
Kota Lhokseumawe. Metode penelitian ini termasuk penelitian deskriptif
kualitatif. Data dikumpulkan dengan snowball sampling yang telah digunakan
dalam proses pengambilan data, observasi, wawancara terstruktur atau tidak
terstruktur, digunakan untuk mengeksplorasi data dan dokumentasi. Data yang
sudah terkumpul diolah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi problem
solving da proses pembelajaran IPS pada materi bencana alam di kelas IV MIN 1
Kota Lhokseumawe ini sudah efektif. Keefektifan tersebut terdapat pada langkahlangkah atau strategi pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran IPS yang
sudah efektif diterapkan oleh guru kelas IV MIN 1 Kota Lhokseumawe.
Kesimpulannya MIN 1 Kota Lhokseumawe sudah efektif dalam menerapkan
pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi problem solving.
Kata Kunci; problem solving, pembelajaran IPS
Detail Information
Penulis |
JULIANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142608469 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PGMI
|