Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DI KELAS V MIN 3 KOTA LHOKSEUMAWE
XMLPendidikan merupakan usaha-usaha yang dilakukan untuk mentransfer
pengetahuan, sikap, perilaku dan keterampilan kepada siswa. Proses pembelajaran
perlu menggunakan model pembelajaran yang tepat. Penggunaan model
pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar. Hasil
belajar merupakan pencapaian siswa untuk mengetahui materi yang diajarkan
sudah diterima siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal, eksternal.
Siswa dikatakan berhasil dalam proses hasil belajar adalah dapat memahami
materi yang sudah diajarkan. Adapun yang menjadi masalah adalah: apakah
terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipeJigsaw terhadap hasil
belajar siswa pada materi hak dan kewajiban. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap
hasil belajar siswa pada materi hak dan kewajiban. Pendekatan kuantitatif
digunakan untuk mengekplorasi data. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V
MIN 3 Kota Lhokseumawe yang berjumlah 133 siswa, sampel diambil
berdasarkan rumus dan tabelKrejciedan Morganterhadap 97 siswa.Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan soal test yang terdiri pre-test dan posttest. Soal pretest terdiri dari 5 soal dan post-test terdiri dari 5 soal. Data dianalisis
menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui persentase (%) dan statistik
inferensial untuk mengetahui pengaruh dengan melibatkan uji-t, uji paired T-test
dengan menggunakan SPSS Versi 22. Pengujian hipotesisdengan menggunakan
uji-t, Pada pengujian hipotesis diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,012 <
0,05.maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima,yang artinya bahwaada
pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
terhadap hasil belajar siswa di kelas V MIN 3 Kota Lhokseumawe.
Detail Information
Penulis |
EVA FITRIANA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142608468 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PGMI
|