PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEADS TOGETHER(NHT)TERHADAPKEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKASISWA MAN LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEADS TOGETHER(NHT)TERHADAPKEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKASISWA MAN LHOKSEUMAWE

XML

Komunikasi marupakan kemampuan yang membuat siswa mampu menemukan
ide-ide matematika serta mampu mengungkapkan kembali ide-ide tersebut. Tetapi
pada kenyataannya saat siswa mempunyai tingkat kemampuan komunikasi
matematika yang rendah. penyebab rendahnya kemampuan komunikasi
matematika siswa adalah salah satu satunya siswa kurang aktif dalam proses
pembelajaran dan kurang berani dalam mengungkapkan dan menyampaikan ideide atau gagasan matematika dengan benar dan jelas. Oleh karena itu dibutuhkan
alternatif pembelajaran untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi
matematika siswa. Salah satu pembelajaran tersebut adalah menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian yang
dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan
komunikasi matematika siswa kelas X MAN Lhokseumawe pada meteri Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, dimana data yang terkumpul dalam bentuk statistik. Dalam penelitian
ini yang menjadi populasi seluruh siswa kelas X MAN Lhokseumawe, sedangkan
yang menjadi sampel kelas X MIA 3 sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen
dan kelas X MIA 4 sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun untuk
memperoleh data penelitian melakukan tes. Berdasarkan hasil uji homogenitas
dan normalitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,69 < 1,96 sehingga dapat
disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki tingkat kognitif yang sama. Hasil uji
normalitas kelas eksperimen diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1188 < 0,1677 dan
untuk kelas kontrol diperoleh L0 < Ltabel yaitu0,1391< 0,1667 maka dapat
disimpulkan kedua kelas data berdistribusi normal. Untuk pengujian hipotensis
digunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 1,68 > 1,67 maka
tolak H0 dan terima Hα sehingga dapat disimpulkan “ada pengaruh pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan
komunikasi matematika siswa MAN Lhokseumawe”.


Detail Information

Penulis
SURYATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208211
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail