Skripsi
PENERAPAN STRATEGI REACT BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 8 LHOKSEUMAWE
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi REACT
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan berbantuan
media powepoint di SMP Negeri 8 Lhokseumawe. Rendahnya kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa disebabkan karena penggunaan pendekatan
pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, kesulitan siswa dalam memahami
konsep dan memecahkan suatu masalah. Siswa juga kurang diberi kesempatan
untuk aktif dalam menyampaikan ide-idenya dalam pembelajaran serta
keterbatasan dalam memilih model pembelajaran yang tepat. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang peneliti peroleh
diuji secara statistik. Adapun untuk memperoleh data dilakukan tes yang
bertujuan untuk megetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
kelas VII SMP Negeri 8 Lhokseumawe pada materi Persamaan Linear Satu
Variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Negeri 8 Lhokseumawe, sedangkan pengambilan sampel secara random sampling,
yaitu teknik pengambilan sampel secara acak sehingga diperoleh kelas VII2
sebagai kelas eksperimen, kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji
homogenitas dan normalitas data hasil tes dari kedua kelas tersebut diperoleh
bahwa kedua sampel homogen dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis
digunakan uji-t pihak kanan. Kelas eksperimen dilakukan dengan menggunakan
model pembelajaran REACT dan pada kelas kontrol dilakukan dengan
menggunakan metode Saintifik. Hasil penelitian diperoleh thitung = 2,132
sedangkan nilai ttabel = 2,021 dengan demikian hitung tabel t > t , yaitu 2,132 > 2,021
dengan α = 5% yang berarti tolak Ho
, yang membuktikan bahwa “ada pengaruh
strategi REACT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan
berbantuan media powepoint di SMP Negeri 8 Lhokseumawe”.
Detail Information
Penulis |
YULIA NINGSIH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208276 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|