Skripsi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN PLSV DI MTsS NISAM
XMLpenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk pembelajaran dalam
meningkatkan hasil belajar matematika pada materi persamaan linear satu variabel
dengan menggunakan alat peraga Papan PLSV. Matematika sebagai salah satu
mata pelajaran yang dianggap sukar. Kurangnya partisipasi aktivitas siswa dan
dominannya aktivitas guru, sehingga hasil yang dicapai tidak sesuai dengan apa
yang diharapkan. Hal ini di sebabkan karena kurangnya penggunaan alat peraga
pada saat proses pembelajaran sehingga siswa kurang memahami konsep
matematika dan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal.
Untuk itu, dibutuhkan suatu alat peraga yang dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa serta menciptakan suasana belajar yang menarik, sehingga
siswa akan lebih aktif dalam belajar. Dalam hal ini penggunaan alat peraga Papan
PLSV menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika
siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan
penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A
MTsS Nisam sebanyak 20 siswa. Adapun indikator keberhasilan tindakan ini
sebagai berikut: Penelitian ini berhasil apabila ≥75% siswa memperoleh skor
≥KKM dan kegiatan pembelajaran dari sisi peneliti maupun siswa berdasarkan
hasil observasi berada pada kategori baik. Beberapa aspek kriteria ketuntasan
pembelajaran yang terpenuhi, yaitu sebagai berikut: (1) hasil belajar siswa
meningkat dengan persentase 90%. (2) aktifitas siswa dalam mengikuti
pembelajaran juga meningkat yaitu dari 74% meningkat menjadi 83,63% pada
tindakan II. (3) kemampuan peneliti dalam mengelola pembelajaran berada pada
kategori baik, hal ini juga dilihat dari persentase hasil observasi yang meningkat
yaitu pada pelaksanaan tindakan I hanya sebesar 71,73% menjadi 82% pada
tindakan II. Berdasarkan indikator keberhasilan tindakan, maka secara
keseluruhan telah tercapai sehingga dapat dikatakan bahwa adanya peningkatan
hasil belajar matematika dengan menggunakan alat peraga Papan PLSV pada
materi persamaan linear satu variabel di kelas VII-A MTsS Nisam.
Detail Information
Penulis |
IQLIMA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208271 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|