PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTsN NIBONG

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTsN NIBONG

XML

Kemampuan komunikasi matematika siswa merupakan salah satu keterampilan
yang harus dimiliki siswa untuk dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan
berbagai bentuk pola yang dapat dikomunikasikan di dalam dunia matematika,
sebagaimana kemampuan komunikasi matematika yang dimiliki siswa MTs
Negeri 7 Aceh Utara yang diperlukan suatu model pembelajaran untuk dapat
meningkatkan komunikasi matematika siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair
and Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok
pembahasan SPLDV Kelas VIII MTsN 7 Aceh Utara lebih baik dari pada siswa
yang memperoleh pembelajaran konvensional. Berdasarkan tujuan penelitian,
maka yang menjadi metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode penelitian
kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen dan yang menjadi populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Negeri 7 Aceh Utara. Sedangkan
untuk menentukan sampel dilakukan dengan random sampling class (acak kelas),
sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah 26 siswa yang nantinya akan diterapkan Model Pembelajaran
Kooperatif TPS dengan unsur scientific dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol
dengan jumlah 30 siswa ini diterapkan proses pembelajaran dengan guru masih
menggunakan (metode scientific). Berdasarkan analisis data awal yang dilakukan
melalui uji-t saat pretest dengan signifikan 5% ditemukan bahwa thitung < t tabel
yaitu 0,922 < 1,637 ini membuktikan bahwa tidak ada perbedaan rata- rata pre-test
dari kedua kelas, sehingga dapat diberikan perlakukan untuk kedua kelas tersebut. Kemudian berdasarkan analisis data akhir dapat disimpulkan berdasarkan
pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 dengan dk= 54 dengan interpolasi
maka nilainya adalah thitung > ttabel yaitu 5,967 > 1,675 maka tolak H0, sehingga
hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima bahwa
“Kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dibandingkan
dengan siswa yang di ajarkan dengan metode konvensional di MTsN 7 Aceh
Utara.


Detail Information

Penulis
SAFRIDAYANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207593
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail