UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS KELAS VIIA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK ( PMR ) DI SMP NEGERI 4 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS KELAS VIIA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK ( PMR ) DI SMP NEGERI 4 LHOKSEUMAWE

XML

Penelitian ini dilakukan adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan
kemampuan representasi matematis kelas VIIA melalui pembelajaran matematika
realistik. Siswa SMP N 4 Lhokseumawe siswa kurang memahami maksud dari
pertanyaan yang berupa soal cerita. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal demikian
diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat membuat siswa memahami
maksud dari pertanyaan dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan seharihari melalui berbagai metode untuk membentuk suatu pemahaman matematika.
Salah satu metode yang menjawab tantangan tersebut adalah Pembelajaran
Matematika Realistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
rancangan PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 4 Lhokseumawe
sebanyak 25 orang. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan
pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik dapat
meningkatkan kemampuan representasi matematis kelas VII SMP N 4
Lhokseumawe. Hal ini dikarenakan beberapa aspek kriteria keefektifan
pembelajaran terpenuhi, yaitu sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa secara
klasikal meningkat atau tuntas dengan 68 % meningkat menjadi 88% pada
tindakan II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode PMR dapat
meningkatkan kemampuan representasi matematis khususnya siswa kelas VIIA
SMP N 4 Lhokseumawe. (2) Kegiatan siswa dalam mengikuti pembelajaran aktif,
hal ini terlihat dari perolehan persentase hasil observasi yang terus mengalami
peningkatan, yaitu dari 84% meningkat menjadi 91% pada pelaksanaan tindakan
II. (3) Kemampuan peneliti dalam mengelola pembelajaran berada pada pada
kategori “ Baik ”. Ini juga berdasarkan peningkatan persentase hasil observasi
yang terus meningkat, dimana perolehan persentase pada pelaksanaan tindakan I
hanya sebesar 86% menjadi 92% pada tindakan II. Mengacu pada indikator
keberhasilan penelitian, maka secara keseluruhan target tersebut telah tercapai
sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil.


Detail Information

Penulis
ASRI AINUN - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208261
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail