PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 SAMUDERA

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 SAMUDERA

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kemampuan komunikasi
matematis siswa melalui penerapan strategi pembelajaran inquiry di SMP Negeri
1 Samudera. Kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah, hal ini
disebabkan siswa sulit menjelaskan ide, situasi dan relasi matematika secara lisan
atau tulisan. Siswa sulit mendiskusikan dan menulis ide- ide matematika. Siswa
sulit memahami suatu representasi matematika tertulis, siswa juga sulit
mengungkapkan kembali suatu uraian atau paragraf matematika dalam bahasa
sendiri., sehingga ia tidak mampu menyelesaikan permasalahan dalam
matematika. Akibatnya dari soal yang diuji kepada siswa menunjukkan bahwa
siswa masih kurang dalam hal komunikasi matematis sehingga ketika
menganalisis dan menyelesaian jawaban siswa sering keliru. Untuk itu dibutuhkan
suatu model pembelajaran dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang
peneliti peroleh diuji secara statistik. Adapun untuk memperoleh data dilakukan
tes yang bertujuan untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa kelas
IX SMP Negeri 1 Samudera pada materi tabung. Yang menjadi populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Samudera, sedangkan
pengambilan sampel secara random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel
secara acak sehingga diperoleh kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas data
hasil tes dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan
normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Kelas
eksperimen dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiry dan
pada kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Hasil
penelitian diperoleh thitung = 1,9515 sedangkan nilai ttabel = 1,6788 dengan
demikian
hitung tabel t  t
, yaitu 1,9515 > 1,66 dengan
 
5% yang berarti tolak
Ho
, yang membuktikan bahwa “kemampuan komunikasi matematis siswa dengan
menerapkan Strategi Pembelajaran inquiry lebih baik dari pada pendekatan
saintifik”.


Detail Information

Penulis
MEIDAHUL JANNAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208284
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Mei p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail