MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRIWAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN (Studi Kasus Pada Pesantren Terpadu Almuslim Peusangan Kabupaten Bireuen)

Record Detail

Thesis

MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRIWAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN (Studi Kasus Pada Pesantren Terpadu Almuslim Peusangan Kabupaten Bireuen)

XML

Pelaksanaan manajemen pengasuhan santriwan di pesantren terpadu Almuslim Peusangan Kabupaten Bireuen telah melakukan penempatan personil sumber daya manusia berdasarkan kompetensi masing-masing sehingga tidak terjadi penilaian yang bersifat subjektif. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana pelaksanaan manajemen pembinaan pengasuhan santriwan dalam meningkatkan kedisiplinan pada pesantren terpadu Almuslim Peusangan Kabupaten Bireuen?, 2) apa tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam pengasuhan santriwan dalam meningkatkan kedisiplinan pada pesantren terpadu Almuslim Peusangan Kabupaten Bireuen?, 3) bagaimana evaluasi pelaksanaan manajemen pengasuhan santriwan dalam meningkatkan kedisiplinan pada pesantren terpadu Almuslim Peusangan Kabupaten Bireuen?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data primer meliputi direktur, kepala bidang pengasuhan, dewan guru dan santriwan pesantren terpadu Almuslim Peusangan Kabupaten Bireuen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pertama, reduksi, kedua display, dan ketiga verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama pelaksanaan manajemen pengasuhan santriwan di pesantren terpadu Almuslim Peusangan Kabupaten Bireuen sudah membaik. kedua variabel hambatan internal 1) conflic of interest antar sesama personil yang terlibat dalam sturuktural manajemen pengasuhan, 2) intervensi stakeholders yang memiliki afiliasi dengan yayasan dan badan pendiri pesantren, 3) intervensi secara verbal, 4) kekerasan verbalis, sedangkan hambatan eksternal adalah, 1) Intervensi oleh tokoh politik dan masyarakat lokal, 2) kekerasan secara verbal terhadap personil yang bertugas dalam penindakan yang dilakukan oleh sebahagian kolega wali santriwan, ketiga evaluasi yang dilakukan oleh manajemen pengasuhan santriwan pesantren terpadu Almuslim Peusangan Kabupaten Bireuen adalah berbentuk laporan (dokumen) tentang penerapan sanksi ringan, sedang dan berat, apresiasi dan review setiap tahapan dan temuan dilapangan pada saat pelaksanaan manajemen pengasuhan santriwan dilaksanakan di pesantren terpadu Almuslim Peusangan Kabupaten Bireuen.


Detail Information

Penulis
IRWAN IDRIS - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2018530547
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
658 Irw m

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail