Evaluasi Pembelajaran Santri Dalam Meningkatkan Kualitas Daruss'adah Cot Bada Peusangan Bireun

Record Detail

Thesis

Evaluasi Pembelajaran Santri Dalam Meningkatkan Kualitas Daruss'adah Cot Bada Peusangan Bireun

XML

ABSTRAK


Judul tesis ini adalah “Evaluasi Pembelajaran Santri dalam Meningkatkan Kualitas Dayah Darussa’adah Cot Bada Peusangan Bireuen”. Rumusan masalah penelitian, yaitu: bagaimana evaluasi ranah kognitif pembelajaran tauhid, nahwu, dan figh santri dalam meningkatkan kualitas Dayah Darussa’adah Cot Bada Peusangan Bireuen? bagaimana evaluasi ranah afektif pembelajaran akhlak, figh dan tauhid santri dalam meningkatkan kualitas Dayah? dan bagaimana evaluasi ranah psikomotorik pembelajaran praktik ibadah, muhadharah, kesenian dan keterampilan khat santri dalam meningkatkan kualitas Dayah?. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian, yaitu: Pertama, evaluasi ranah kognitif pembelajaran santri dalam meningkatkan kualitas Dayah Darussa’adah Cot Bada Peusangan Bireuen. Evaluasi materi tauhid, nahwu dan fiqh mendapatkan hasil sangat baik. Pelaksana evaluasi yaitu pengajar/guru bidang studi tauhid, nahwu dan fiqh sudah medapatkan nilai yang baik. Teknik evaluasi dengan memberikan soal dan memberikan PR adalah teknik yang mendukung pembelajaran. Kedua, evaluasi ranah afektif. Evaluasi materi akhlak diaplikasikan secara baik dan memberikan respon positif saat materi fiqh dan tauhid. Pelaksana evaluasi adalah guru bidang studi akhlak, fiqh dan tauhid. teknik evaluasi dengan menilai sikap, baik di dalam dan luar ruang belajar, santri menunjukkan sikap yang baik. Ketiga, evaluasi ranah psikomotorik. Materi evaluasi adalah materi praktik ibadah, kesenian dan keterampilan khat mendapatkan hasil sangat baik. Pelaksana adalah pendidik/guru materi praktik ibadah, kesenian dan keterampilan khat. Menggunakan teknik dengan melihat langsung praktik ibadah, kesenian dan keterampilan khat. Rekomendasi yang peneliti berikan, dari hasil evaluasi Pembelajaran Santri dalam Meningkatkan Kualitas Dayah Darussa’adah Cot Bada Peusangan Bireuen, sebagai pimpinan dayah untuk terus memonitoring guru dan mengevaluasi hasil pembelajaran santri agar dikembangkan untuk meningkatkan kualitas dayah.

Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran, Santri, Kualitas Dayah.


Detail Information

Penulis
Cut Irhamna Heriyanti - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164300267
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X7.341 Cut e

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail