PEMBIASAAN SHALAT ZUHUR BERJAMAAH DALAM PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MTsS RAUDHATUL FATA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PEMBIASAAN SHALAT ZUHUR BERJAMAAH DALAM PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MTsS RAUDHATUL FATA LHOKSEUMAWE

XML

Skripsi ini berjudul : Pembiasaan Shalat Zuhur Berjamaah Dalam
Pembentukan Kedisiplinan Belajar Siswa di MTsS Raudhatul Fata Lhokseumawe.
Pendidikan agama islam selain memberikan teori mengharapkan agar peserta
didik menjalankan dan mengamalkannya, pembiasaan shalat berjamaah dapat
membentuk pribadi yang disiplin dan di MTsS Raudhatul Fata sudah ada
pembiasaan tersebut, yakni shalat zuhur berjamaah. Akan tetapi Kenyataan yang
terjadi masih banyak peserta didik yang kurang disiplin, terlebih lagi saat belajar.
Yang menjadi pertanyaan penelitian adalah (1) Bagaimanakah proses pembiasaan
shalat zuhur berjamaah siswa MTsS Raudhatul Fata, (2) Bagaimanakah
kedisiplinan siswa dalam belajar melalui pembiasaan shalat zuhur berjamah.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menggambarkan proses pembiasaan shalat
zuhur berjamaah siswa MTsS Raudhatul Fata, (2) Untuk menjelaskan
kedisiplinan siswa dalam belajar melalui pembiasaan shalat zuhur berjamaah.
Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif guna untuk mendapatkan
hasil yang jelas tentang Pembiasaan Shalat Zuhur Berjamaah Dalam
Pembentukkan Kedisiplinan Belajar Siswa Mtss Raudhatul Fata Lhokseumawe,
yang menjadi sumber data primer adalah guru, siswa, dan Kepala Sekolah MTsS
Raudhatul Fata dan data sekunder adalah dokumen atau arsip MTsS Raudhatul
Fata. Adapun hasil penelitian yang didapatkan adalah : (1) Proses pembiasaan
shalat zuhur berjamaah MTsS Raudhatul Fata dilakukan secara rutin setiap
harinya setelah jam pelajaran berakhir, dikarenakan pembelajaran usai pada jam
12.10 WIB. Ketika azan berkumandang semua siswa diwajibkan melaksanakan
shalat zuhur berjamaah, para siswa langsung diarahkan ke mushalla dan dalam hal
ini yang bertanggung jawab adalah guru yang mengajar di jam pelajaran terakhir
ataupun ketua kelas dari masing-masing kelas yang ditunjuk langsung untuk
mengawasi proses berjalannya shalat zuhur berjamaah. (2) Kedisiplinan siswa
dalam belajar melalui pembiasaan shalat zuhur berjamah sudah ada perubahan,
siswa yang dulunya kurang displin dalam belajar mulai terlihat adanya perubahan
secara perlahan, siswa yang sebelumnya sering terlambat datang ke sekolah,
sekarang tepat waktu. Dan juga dalam hal membuat tugas sekolah sebelumnya,
banyak siswa yang tidak mengerjakan dan mengumpulkan tugas sekolah tepat
waktu, kini mereka terlihat lebih disiplin dalam mengerjakan dan
mengumpulkannya. Dampak tersebut juga dirasakan secara langsung oleh guru
ketika mengajar para siswa, kondisi pembelajaran terlihat lebih tenang dan
nyaman, sehingga para guru lebih mudah dalam menyampaikan materi
pembelajaran. Dan pembelajaran pun berjalan dengan sangat baik.


Detail Information

Penulis
FAKHRUR ROZI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132107492
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X7.3 Fak p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail