PENGARUH MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING WALI KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 LAPANG

Record Detail

Thesis

PENGARUH MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING WALI KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 LAPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah pengaruh
manajemen bimbingan dan konseling wali kelas terhadap hasil belajar siswa SMK
Negeri 1 Lapang?(2) Apakah ada pengaruh signifikan pelayanan bimbingan
konseling terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Lapang? (3) Apakah ada
pengaruh signifikan wali kelas terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1
Lapang? (4) Apakah ada pengaruh signifikan pelayanan bimbingan konseling dan
wali kelas terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Lapang? Pendekatan
penelitian yang digunakan adalah gabungan antara kualitatif dan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Lapang yang
berjumlah 195 orang siswa. Penarikan sampel sesuai dengan tingkatannya.
Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 30% dari keseluruhan
jumlah siswa yaitu 58 0rang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan
regresi sederhana, regresi berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan
(1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan bimbingan
konseling terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Lapang yang ditunjukkan
dari thitung > ttabel (8.206 > 1.672). Nilai signifikansi t untuk variabel pelayanan
bimbingan konseling terhadap hasil belajar siswa adalah (0.000 < 0,05) sehingga
dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ho ditolak. (2) Ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara wali kelas terhadap hasil belajar siswa di SMK
Negeri 1 lapang yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (5.515>1.672). Nilai
signifikansi t untuk variabel wali kelas terhadap hasil belajar siswa adalah (0.000
< 0,05) sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ho ditolak. (3) Ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan bimbingan konseling dan
wali kelas secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari
Fhitung > Ftabel (67.221>3.156). Nilai signifikansi F untuk variabel pelayanan
bimbingan konseling dan wali kelas adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil
daripada probabilitas 0.05 (0.000 < 0,05), sehingga dalam pengujian ini
menunjukkan bahwa Ho ditolak.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Perencanaan, Pelaksanaan, Hasil Belajar
Siswa


Detail Information

Penulis
Annisak - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164300289
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
371.4 Ann p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail