KONSEP PENDIDIKAN AKHLAQ MENURUT AZZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM

Record Detail

Thesis

KONSEP PENDIDIKAN AKHLAQ MENURUT AZZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM

XML

Penelitian tesis ini berjudul “Konsep Pendidikan Akhlaq Menurut Az-Zarnuji
dalam kitab Ta’limul Muta’allim” . Latar belakang masalah dalam penelitian ini
adalah timbul krisis akhlaq dalam kalangan pelajar dewasa ini. Padahal
pembentukan akhlaq adalah tujuan daripada pendidikan. Pendidikan akhlaq yang
dilakukan saat ini belum mampu memperbaiki akhlaq para pelajar. Padahal
konsep pendidikan akhlaq masa klasik masih ada sampai sekarang dalam kitabkitab karya para ulama terdahulu. Maka membangkitkan kembali konsep
pendidikan zaman klasik menjadi penting untuk memperbaiki moral akhlaq yang
sedang merosot sekarang ini. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1)
Bagaimana konsep pendidikan akhlaq Az-Zarnuji dalam kitab Ta‟limul
Muta‟allim. (2) Bagaimana relevansi konsep pendidikan akhlaq menurut AzZarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim dalam konteks kekinian. (3) Bagaimana
internalisasi konsep pendidikan akhlaq menurut Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul
Muta’allim dalam konteks kekinian. Tujuan dari penelitian tesis ini adalah untuk
(1) Mendeskripsikan konsep pendidikan akhlaq menurut Az-Zarnuji dalam kitab
Ta’limul Muta’allim. (2) Mendeskripsikan relevansi konsep pendidikan akhlaq
menurut Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim dalam konteks kekinian. (3)
Mendeskripsikan internalisasi konsep pendidikan akhlaq menurut Az-Zarnuji
dalam kitab Ta’limul Muta’allim dalam konteks kekinian. Metodologi dalam
penelitian tesis ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis
penelitian studi pustaka, dengan pendekatan penelitian studi tokoh yaitu syaikh
Az-Zarnuji. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian adalah
kitab Ta’limul Muta’allim dan data sekunder yaitu buku-buku yang membahas
tentang pendidikan akhlaq. Tehnik pengumpulan data yaitu dengan pencarian,
pengumpulan, peminjaman, pembelian. Tehnik analisis data yaitu dengan
interpretasi data, induksi dan deduksi data, koherensi internal, heuristika, dan
bahasa inklusif dan analogi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat
beberapa konsep pendidikan akhlaq menurut Az-Zarnuji, yaitu; (1) Konsep ilmu,
(2) Konsep guru, (3) Konsep anak didik, (4) Konsep metode. Konsep Pendidikan
akhlaq Az-Zarnuji masih relevan dengan konteks kekinian sesuai dengan tujuan
pendidikan nasional dan kurikulum berkarakter. Internalisasi konsep pendidikan
akhlaq Az-Zarnuji dalam konteks kekinian dengan tiga tahapan yaitu tahapan
transformasi nilai, tahapan transaksi nilai dan tahapan tran-internalisasi. Strategi
internalisasi konsep az-Zarnuji dengan cara: niat dalam belajar, bersifat wara‟,
menjaga adab kesopanan dan tawakkal. Rekomendasi dari hasil penelitian ini
adalah agar dapat dijadikan bahan kajian yang bermamfaat bagi: (1)
Pengembangan konsep ilmu, (2) Konsep anak didik, (3) Konsep guru, (4) Konsep
metode.


Detail Information

Penulis
DAILAMI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 154200129
Edition
Language
English
Publisher S2-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X5.1 Dai k

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail