SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN KERJA GURU PADA MTsN NIBONG (Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Nibong Aceh Utara Provinsi Aceh)

Record Detail

Thesis

SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN KERJA GURU PADA MTsN NIBONG (Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Nibong Aceh Utara Provinsi Aceh)

XML

Muhammad Basyar. NIM 154300182; “SUPERVISI AKADEMIK DALAM
MENINGKATKAN KEDISIPLINAN KERJA GURU PADA MTsN NIBONG
(Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Nibong Aceh Utara Propinsi Aceh“
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan supervisi akademik yang dilaksanakan
oleh kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di MTsN Nibong
dan untuk menemukan Faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik
yang dilaksanakan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan kerja
guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah dan Guru. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun
teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini, terdiri dari tiga proses
yaitu: Pertama, Reduksi data, adalah suatu proses pemilihan, memfokuskan pada
penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data mentah atau kasar yang
muncul dari catatan-catatan tertulis dilapangan. Yang kedua, Penyajian data,
merupakan sebuah proses pemberian sekumpulan informasi yang sudah disusun
yang memungkinkan untuk penarikan kesimpulan. Dan yang ketiga, Kesimpulan,
dalam sebuah penelitian bersifat meluas, dimana kesimpulan pertama sifatnya
belum final, akhirnya kesimpulan lebih rinci dan mendalam dengan bertambahnya
data. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa : pertama,Program Supervisi
akademik oleh Kepala Madrasah direncanakan dan dijadwalkan tampa pelibatan guru di
dalamnya. Penjadwalan supervisi akademik dibuat hanya untuk supervisi kunjungan kelas
dengan cara menyesauikan hari efekif dan jadwal mengajar guru, sedangkan supervisi
akademik untuk jenis kelompok dibuat dengan tidak direncanakan sebelumnya. Akan
tetapi dibuat berdasarkan kebutuhan guru yang dianggap perlu oleh kepala madrasah
untuk meningkatkan kedisiplinan kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Nibong.
Yang kedua, Pelaksanaan Supervisi akademik oleh kepala madrasah dalam meningkatkan
disiplin kerja guru adalah menggunakan teknik supervisi kelompok jenis rapat guru,
dimana kepala madrasah memfasilitasi kegiatan rapat melalui diskusi dan ditutup dengan
tindak lanjut pemberian arahan dan bimbingan terhadap guru. Sedangkan jenis supervisi
individu tidak pernah dilaksanakan oleh kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Nibong,
akan tetapi dibuat hanya untuk melengkapi admininstrasi kepala madrasah. Dan yang
ketiga, Faktor-faktor yang menjadi pendukung peleksanaan supervisi akademik adalah
dukungan penuh dari guru-guru yang berupa sikap dan komunikasi yang terbuka.
Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan supervisi akademik diakibatkan oleh tiga hal,
yaitu motivasi kepala madrasah yang lemah, keterbatasan waktu serta keahlian
melaksanakan supervisi akadmeik kepala madrasah yang masih sangat kurang


Detail Information

Penulis
Muhammad Basyar - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 154300182
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
371.2 Muh s

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail