UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELUARGAKU DENGAN METODE BERCERITA DI TK AISYIAHKUTA MAKMUR ACEH UTARA

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELUARGAKU DENGAN METODE BERCERITA DI TK AISYIAHKUTA MAKMUR ACEH UTARA

XML

Proses pembelajaran anak di TK. Aisyiah Kuta Makmur Aceh Utara mengenai materi
Keluargaku masih terkendala. Hal ini disebabkan oleh anak yang belum dapat
menceritakan tentang keluarganya, untuk itu perlu adanya proses mengajarkan materi
tersebut dengan metode bercerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa pada materi Keluargaku dengan metode bercerita di TK
Aisyiah Kuta Makmur Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.Hasil yang diperoleh setelah penelitian
adalah metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
Keluargaku, peningkatan secara bertahan mulai dari Siklus I dan Siklus II. Pada
kegiatan penelitian siklus I dari 20 siswa terdapat 11 anak yang mendapatkan nilai
dengan kategori baik dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dengan demikian ada
peningkatan hasil pembelajaran jika dibandingkan dengan tahapan pada pra tindakan
yaitu 11/20x100 = 55%. Sedangkan 5 siswa masuk kategori cukup atau Mulai
Berkembang (MB), dalam hal ini perlu ditingkatkan hasil belajarnya karena masih
dalam persentase yang belum memenuhi syarat untuk hasil yang baik. Persentase
diperoleh 5 siswa dalam kategori cukup adalah 5/20x100 = 25%. Selanjutnya terdapat 4
siswa dengan kategori kurang atau 4/20x100 = 20%, peningkatan hasil belajarnya masih
dalam tahapan Belum Berkembang (BB), sedangkan observasi pada siklus II diperoleh
17 anak yang masuk kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) atau 17/20x100 =
85% artinya pada siklus II ini siswa telah mencapai 85% keberhasilan dari proses
belajar materi Keluargaku dengan menggunakan metode bercerita. Terdapat 3 ana yang
masuk kategori Mulai Berkembang (MB) atau 3/20x100 = 15%, artinya pada tahap
siklus II ini tersisa 15% siswa yang belum mencapai hasil yang baik. Namun secara
keseluruhan penelitian ini telah selesai dilakukan pada tahap siklus II karena telah
tercapai target minimal yang diharapkan adalah 80% siswa telah mampu menguasai
materi Keluargaku dengan menggunakan metode bercerita.
Kata kunci hasil belajar, kualitatif deskriptif, bercerita


Detail Information

Penulis
SAIDAWATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108614
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail